Perangkat Penguatan Perencanaan, Kelembagaan, dan Pengawasan Desa

Mitra: Kelompok Pelukis Pasar Seni, Lampung
Kategori: Komunikasi Publik
Tautan: Unduh Poster

Pembangunan desa bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa dan kualitas hidup manusia serta penanggulangan kemiskinan melalui pemenuhan kebutuhan dasar, pembangunan sarana dan prasarana desa, pengembangan potensi ekonomi lokal, serta pemanfaatan sumber daya alam dan lingkungan secara berkelanjutan (UU No 06/2014 tentang Desa).

Gambaran di atas membuka kembali ingatan kolektif kita tentang pembangunan desa selama ini, dengan semboyan “gemah ripah loh jinawi toto tentrem kerto raharjo“ (kekayaan alam yang berlimpah dengan kehidupan yang tenteram). Namun pada kenyataanya desa menjadi menjadi tempat tumbuhnya kantong-kantong kemiskinan, keterbelakangan pembangunan dengan kualitas hidup masyarakat yang rendah. Potensi ekonomi lokal desa dengan pemanfaatan sumberdaya alam desa sebagai kekuatan untuk membangun desa tidak mendapatkan tempat dalam pembangunan desa.

UU tentang Desa memberikan harapan tentang upaya kembali membangun desa, optimisme tentang perubahan desa merupakan semangat yang melandasi dan melekat kuat dalam UU tentang Desa. Konsep pembangunan desa yang selama ini menggunakan pendekatan Community Driven Development (CDD), melalui UU tentang Desa didorongkan menjadi Village Driven Development (VDD), dimana desa ditempatkan sebagai satu kesatuan masyarakat hukum yang memiliki batas wilayah yang berwenang untuk mengatur dan mengurus urusan pemerintah, kepentingan masyarakat setempat. Dalam konteks ini desa memiliki hak otonomi yang kuat dalam melaksanakan program-program yang berbasis desa dengan bersandar pada partisipiasi warga masyarakat desa.

Dibutuhkannya upaya bersama dari semua kalangan untuk melakukan sosialisasi, pendampingan, pengawasan dan pemantauan terhadap pelaksanaan UU tentang Desa dari level pemerintahan, pemerintah desa hingga masyarakat desa mendasari INTERFACE, unit Penabulu Alliance untuk mengembangkan perangkat penguatan pemahaman yang menyeluruh tentang UU Desa. Dengan harapan perangkat ini dapat membantu mempermudah upaya-upaya sosialisasi dan penguatan berbagai pihak yang peduli tentang pembangunan desa masa depan di Indonesia.